Pemanfaatan Sampah Organik Untuk Pembuatan Pupuk Kompos

Pringsewu – Pembuatan Pupuk Kompos oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu

Pupuk adalah zat, baik sistetis atau organik, yang ditambahkan ke tanah untuk meningkatkan pasokan nutrisi penting yang meningkatkan pertumbuhan tanaman dan vegetasi di dalam tanah. Dalam jangka pendek, pupuk kimia memang mampu mempercepat masa tanam karena kandungan haranya bisa diserap langsung oleh tanah, namun dalam jangka panjang justru akan  menimbulkan dampak yang negatif, diantaranya berkurangnya unsur hara didalam tanah.

Saat ini memang petani masih susah untuk menggunakan 100% pupuk organik karena ketergantungan petani masih besar terhadap pupuk kimia. Padahal penggunaan pupuk kompos selain ramah lingkungan, juga murah  dan mudah pembuatannya.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu pada hari Kamis, 26 Oktober 2017, memanfaatkan sampah organik berupa dedaunan disekitar lingkungan kantor sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos. Hal ini adalah sebagai bagian dari edukasi ke masyarakat untuk membuat pupuk kompos sendiri karena memiliki nilai ekonomis bagi petani, juga dapat mengurangi ketergantungan akan penggunaan pupuk kimia. Selain itu, pembuatan pupuk kompos juga merupakan salah satu indikator penilaian Adipura.

Tinggalkan Balasan