Sosialisasi Pengendalian dan Pengelolaan Kerusakan Lahan Bekas Pertambangan di Pekon Purwodadi

Adiluwih – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pringsewu, Emil Riady, S.Sos., membuka acara Sosialisasi Pengendalian dan Pengelolaan Kerusakan Lahan Bekas Pertambangan di pekon Purwodadi kecamatan Adiluwih, 31 Oktober 2017.

Semakin bertambahnya kebutuhan akan bahan baku pembangunan terutama pasir, yang termasuk bahan galian golongan C, berbanding lurus dengan meningkatnya aktivitas penambangan bahan galian tersebut. Di beberapa daerah, hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran penggunaan lahan dari yang sebelumnya merupakan lahan pertanian menjadi lahan pertambangan.

Kegiatan penambangan oleh masyarakat ini kebanyakan dilakukan tanpa perencanaan matang. Akibatnya potensi kerusakan lahan dan lingkungan akibat kegiatan penambangan tersebut akan terus meningkat bila tidak ada pengendalian dan pengelolaan lahan bekas pertambangan yang baik. Oleh karena itu perlu dilakukan reklamasi di bekas lahan pertambangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu mengadakan acara sosialisasi pengendalian dan pengelolaan kerusakan lahan bekas pertambangan di pekon Purwodadi kecamatan Adiluwih kabupaten Pringsewu, pada hari Selasa, 31 Oktober 2017. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Camat Adiluwih, Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu, Kepala Pekon Purwodadi, kepala dusun, bayan, ketua RT pekon purwodadi, dan kelompok peduli lingkungan Purwodadi Damai Lestari.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang pelestarian lingkungan, mengajak masyarakat sekitar lokasi bekas pertambangan untuk bersama-sama mengelola lahan bekas pertambangan agar kembali dapat dimanfaatkan. Adapun reklamasi di bekas lahan pertambangan diantaranya dengan penanaman pohon, pembuatan kolam ikan, dan pembuatan embung atau kolam air. Untuk perencanaan ke depannya dapat juga dibuat tempat rekreasi edukasi pertambangan yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan menambah PAD Kabupaten Pringsewu.

Seusai  Sosialisasi, dilanjutkan dengan penanaman pohon di lokasi bekas pertambangan 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pringsewu, Emil Riady, S.Sos., melakukan penyebaran benih ikan nila di kolam bekas pertambangan 

Tinggalkan Balasan