BANK SAMPAH SOLUSI SAMPAH MENJADI BERKAH MASYARAKAT SUKOHARJO 3

SUKOHARJO – Salah satu permasalahan yang menjadi persoalan cukup lomplek di Kecamatan Sukoharjo khususnya Pekon Sukoharjo 3 adalah persoalan sampah terutama sampah domestik sisa kegiatan rumah tangga. Masalah yang terjadi yaitu banyaknya sampah yang menumpuk dan tidak terkelola sehingga membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap yang mencemari udara.

Pemerintah Pekon Sukoharjo 3 melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat bekersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu pada tanggal 28/11/2017 melakukan Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat yang salah satu alternatifenya adalah dengan membentuk Bank Sampah. Melalui Bank Sampah ini diharapkan persoalan sampah yang ada di Pekon Sukoharjo 3 dapat diatasi dan dapat memberikan nilai tambah secara ekonomis bagi masyarakat. Selain itu, dengan pembentukan Bank Sampah diharapkan membuat masyarakat terbiasa untuk memilah sampah mulai dari sumbernya.

Melalui forum pelatihan ini, masyarakat yang difasilitasi oleh Eka Angkasawan. ST (Kasi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu) membentuk Bank Sampah untuk Pekon Sukoharjo 3 dengan nama “BANK SAMPAH BERKAH” dengan Saudara Safarudin sebagai Ketua, M. Arif sebagai Sekertaris dan Sri Lestari sebagai Bendahara serta beberapa Devisi yang bertugas mendukung kelancaran oprasional Bank Sampah. Semoga Bank Sampah yang telah terbentuk ini dapat menjadi solusi permasalahan sampah dan memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat Pekon Sukoharjo 3.

Tinggalkan Balasan