WARGA KELUHKAN AIR CEK DAM TPA BUMI AYU

Kondisi Cek Dam Yang Berada Didekat TPA Bumi Ayu

PRINGSEWU-Warga masyarakat yang berdomisili dan bercocok tanam di Pekon Bumi Arum Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, di sekitar lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) Bumi Ayu, menyampaikan keluhan mereka kepada Wakil Bupati Pringsewu, Dr. Fauzi, S.E., M.Kom., Senin (04/12/2017). Keluhan yang disampaikan berkaitan dengan adanya dugaan buangan air lindi yang berasal dari Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang mencemari air yang ada di Cek Dam dan mengalir ke Sungai Sekampung.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Wakil Bupati Pringsewu langsung menindaklanjuti melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pringsewu, Emil Riyadi, S.Sos dengan langsung menugaskan Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran, Wiwid Sutrino, S.Sos dan Kepala UPT Kebersihan, TPA dan IPLT, Sudaryono untuk langsung meninjau lokasi yang menjadi keluhan warga masyarakat.

Bak IPAL Yang Mengalami Kebocoran

Berdasarkan hasil kunjungan lapangan ke lokasi IPAL yang diduga menjadi sumber pencemar air Cek Dam, memang ditemukan ada kebocoran yang terjadi yang mengakibatkan adanya aliran air lindi yang masuk ke Cek Dam. Dari tinjauan ini juga diketahui bahwa air Cek Dam merupakan air yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perswahannya.

Aliran Air Yang Keluar Dari Bak Yang Bocor

Untuk menanggulangi kebocoran yang terjadi pada salah satu bak IPAL maka dilakukan pembenahan dan penambalan pada bak tersebut. Kagiatan pembenahan ini langsung dilakukan langsung pada hari Senin, 04/12/2017 sampai saat ini masih dilakukan. Diharapkan setalah dilakukan pembenahan ini tidak ada lagi kebocoran di IPAL dan tidak lagi menimbulkan pengaruh negatif untuk masyarakat.

Tinggalkan Balasan