WARGA ANTUSIAS IKUTI PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS

PRINGSEWU-Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pelatihan pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos. Pelatihan ini melibatkan Kelompok Swadaya Masyarakat Pengelola Sampah, Kelompok Peduli Lingkungan, Karang Taruna, Ibu-ibu PKK. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pringsewu Hj. Nur Rohmah dan jajarannya ((Wakil Ketua PKK Hj.Rita Irviani Fauzi, ketua Dharma Wanita Nurhayati Budiman, SH beserta Pokja PKK).

Pelatihan ini bertujuan menggerakkan partisipasi ibu PKK dan kelompok masyarakat dalam pemanfaatan sampah organik menjadi pupuk kompos yg dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman alami sehingga penggunaan pupuk kimia dapat berangsur-angsur dikurangi. Sebab selain harganya yang cukup mahal, bagi kesehatan pun lebih baik jika menggunakan pupuk kompos. Keunggulan pupuk kompos selain murah, juga mudah dalam pembuatannya, tidak merusak unsur hara tanah dan lebih sehat karena tanpa tambahan zat kimia.

Dalam sambutannnya Ibu Nurrohmah Sujadi selaku ketua tim penggerak PKK Kabupaten Pringsewu mengingatkan untuk terus melanjutkan pembuatan pupuk kompos di rumah agar sampah organik dari sayur dan buah-buahan tidak hanya dibuang tapi dimanfaatkan menjadi pupuk. Selain itu, beliau juga mengajak masyarakat terutama ibu-ibu untuk kembali menggalakkan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi apotik dan warung hidup sehingga pupuk yang dibuat juga bisa langsung dimanfaatkan untuk keperluan sendiri.

 

Tinggalkan Balasan