Pemantauan Kualitas Air Dengan Metode Online Sistem Monitoring (ONLIMO)

Sobat Hijau, upaya pengendalian pencemaran air salah satunya dengan pemantauan kualitas air baik yang masuk ke sungai atau di lokasi aliran sungai. Pemantauan ini perlu dilakukan secara terus menerus dengan cara menganalisis kualitas air yang masuk atau yang berada pada aliran sungai secara periodik. Bila ada polutan yang masuk ke sungai atau kondisi sungai tercemar ekstrim dalam suatu waktu tertentu, pemerintah atau pihak yang berwenang dapat melakukan tindakan tanggap pencemaran untuk pengendalian pencemaran lingkungan.
.
Pemantauan secara kontinu ini disebut Online Sistem Monitoring (Onlimo). Data yang diperoleh sebagai dasar untuk menghitung adanya penurunan beban pencemaran adalah hal yang paling utama dibutuhkan. Data pemantauan dapat diperoleh dengan cara pemantauan manual maupun dengan cara kontinyu. Hasil pemantauan kualitas air sungai dapat dipantau secara online dan real time melalui website: http://ppkl.menlhk.go.id/index.php?onlimo=on
.
Bagi Sobat Hijau yang ingin tahu status terkini Indeks Pemantauan Kualitas Air melalui Onlimo, jangan lupa cek Instagram Story akun @informasi_lingkungan setiap hari ya!! Kita akan update status kualitas air per hari di wilayah yang sudah terpasang Onlimo.

#kementerianlhk
#klhk
#ditjenppkl
#ditppa
#pengendalianpencemaranair
#onlimo
#lingkungan
#pemantauankualitasair

Tinggalkan Balasan